[Walk the Talk] ‘Peluang’ itu memiliki empat huruf, berawalan K dan berakhiran S

0

An enthusiastic heart finds opportunities everywhere ~ Paulo Coelho

Menjadi wanita karir adalah cita-cita saya, dulu. Rasanya keren betul memakai setelan formal ditambah satu cup kopi (meski saya tak suka kopi), atau mengetik di depan Mac keluaran terbaru. Sungguh cita-cita produksi era milenium 😂

Saya tak siap menjadi ibu rumah tangga dengan segala kompleksitasnya, saat itu. Kekhawatiran terbesar tentu masalah rejeki. Oh, sungguh payah sekali ya, meremehkan kuasa Tuhan masalah rejeki ini.

Ketakutan itu masih suka mampir, hingga saya ngobrol dengan Mbak Jet.

Ada yang suka menguji peruntungan lewat undian atau hal serupa? Togel deh, semisal kurang ekstrim 😂 Pernah? Saya pernah beberapa Kali iseng ikut give away atau sejenis, tapi banyak gagalnya 😆 Sinis saya waktu itu,

“Ah, ikut beginian mah pasti sekalian si empunya hajat pilih yang followernya banyak, sekalian promosi.” Su’udzon pisan pokoknya.

Kalimat saya itu dibantah habis oleh Mbak Jet, kakak angkatan Gardep Dagadu yang dulu sering saya kira galak 😆😂

Kok dibantah? Iya karena dia memang langganan menang kuis. Asli, sampai heran dan takjub loh saya 😣

Dia–dan Mas X, si suami–terbilang sangat sering mengikuti kuis di Instagram. Dan menang.

“Tahu dari mana sih, Mbak? Ada semacam grup quiz hunter begitu kah?” tanya saya saking herannya dengan kecepatannya submit materi kuis. Setahu saya, kalau di Twitter dulu ada komunitas hunter semacam ini. Karena kebetulan ada anak Gardep Dagadu yang ciamik sekali tingkat hoki-nya.

“Mungkin ada, sih. Tapi aku nggak tau juga. Hehe. Kalau aku ya paling team-up sama Mas X, atau beberapa temen yang emang suka ngulik kuis, tukeran informasi. Hehe.” tukasnya.

Lha iya juga, sih.

Lalu resep menang kuis? Sepertinya sih tidak ada, karena kembali ke peruntungan tiap orang. Atau kata Mbak Jet, rejeki.

“Kayaknya rejekiku memang lewat kuis-kuis ini, sih. Aku resign, ikut suami. Nggak punya gaji. Ehh malah dikasih rejeki dalam bentuk yang lain.”

Saya terdiam. Iya, ya.

Mas X, suami Mbak Jet, lain kisah lagi. Konon, dulu ia mengajak Mbak Jet untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius saat mereka sedang piknik ke Maldives. ((piknik)).

Oke. Maldives. Tapi kamu harus tahu apa lagi yang membuatnya istimewa,

Yak! Jalan-jalan ke Maldives pun didapat Mas X dari menang kuis! 😂 What kind of~

Mau dilamar disini? Lebih canggih lagi kalau kesini gratis-tis-tiss~ 😣

Club Med, pun. Mendengar cerita Mbak Jet, saya cuma cengar-cengir.

Duh, kayaknya kok heboh banget ya, menang kuis doang. Tapi seheboh apa sih, hadiah-hadiah yang sudah didapat?

Well,

Kamera instax adalah hadiah pertama yang Mbak Jet dapat dari kuis. Diadakan oleh salah satu pabrik yang memproduksi biskuit, kalau tak salah.

Di waktu yang berbeda, ia memenangkan dua smartphone keluaran terbaru gara-gara iseng ikut di dua jenis media sosial.

Foto pembawa hoki. Gara-gara foto ini, dia mendapat dua smartphone~ duh Oppa…

Di lain hari, suami-istri ini sama-sama mendapat hadiah smartphone dari perhelatan yang sama.

Laptop? Pernah. Kamera? Sudah, kan. Voucher belanja? Paling sering kalau saya lihat. Ya begitu deh.

Loh, kok tahu? Coba deh main ke akun Instagramnya @rezadiasjetrani 😂😁

Si Mas X 😁 , oya Mbak Jet ini memang susah diam. Hahaha. Hobinya keluyuran. Nah, saya ikuti akunnya gara-gara suka dengan foto jalan-jalan plus captionnya yang suka kocak 😂

Namun saya suka sih melihat foto-foto materi kuis yang mereka bikin, niat. Dan…sampai dijadwal malah akan mengikuti kuis apa saja. Ckckck. Quiz hunter tingkat advance ini mah~

Suatu ketika saya penasaran akan satu hal, seberapa sering sih dinyinyir orang karena kerap mengunggah foto materi kuis di akun media sosial?

Dan,

“Sering banget! Sering disindir-sindir nylekit malah. Misal,

“‘Iya dia kan selo, namanya juga nganggur,’

atau,

“‘Aduh, kalau aku sih sibuk kerja ya. Jadi nggak sempat lah mainan kuis kayak kamu.”

Komentar netizen memang pedas ya Mbak~ Nih, kurang niat apa coba ah sampai foto begini sama botol sambal 😣😆

Hell yeah, mahabenar netizen dengan segala kejulidannya~

Menanggapi itu semua, awalnya Mbak Jet tersulut kesal. Namun lama kelamaan ia tak ambil pusing 😬 iya lah, meladeni komentar seperti itu memang melemahkan energi.

Kini, pungkasan favoritnya,

“Iya, nganggur nih. Tapi yang penting aku bisa beli ini itu nggak kudu capek kerja kayak kalian~” 😂

Iya, nganggur nih. Tapi bolak-balik dapet smartphone e. Kamu piye?

Membaca ini semua, mau tak mau saya ikut malu. Pada diri sendiri, tentu. Saya jadi teringat kata-kata seorang teman saat saya menanyakan keyakinannya untuk keluar dari pekerjaan. Beberapa tahun lalu.

“Bumi Allah itu luas, Sep. Yakin ajalah, kalau kita berusaha, pasti ada aja rejekinya.”

Telak.

Dalam kasus Mbak Jet, Tuhan membersamai keluarga kecilnya dengan rejeki berupa hadiah kuis-kuis itu.

Kira-kira kalau hasilnya gambling macam kuis, kamu bakal seiseng ini nggak? Foto macam #fallingstarschallenge di area publik? Kalau Mbaknya ini sih minimal cari kuis yang bernilai 200 ribu rupiah minimal. Lah? Harga sebuah rasa malu dan effort lain. Ahahaha

Gas mahal? Astaga, Mbak Jet bahkan menang kuis yang hadiahnya tabung gas beserta stoknya! 😣😂

“Ngapain malu, halal ini. Makanya aku seriusin sekarang. Selama masih mampu dan masuk akal.” sahutnya singkat.

Oya, sebelum memutuskan ikut suami ke Pamulang, ia sempat bekerja mengisi konten sebuah media. Dasarnya memang suka mencari kesibukan, alhasil ‘kesibukan’ yang ini berfaedah sekali yak~

Mengutip kalimatnya,

“…tiap orang kan beda-beda. Ada yang beruntung dengan diberi pekerjaan yang mapan, ada juga yang diberi kemudahan rejeki meski nggak kerja, ada pula yang dikasih suami kaya raya yang kita nggak ngapa-ngapain juga tetep hore. Nggak perlulah nyinyirin hidup orang. Cukup saling dukung dan nggak berkata yg ‘menyebalkan’ meski konteksnya bercanda.”

Jadi sudah yuk, jangan pernah meremehkan status teman, keluarga, saudara, kerabat siapapun–apakah menjadi ibu rumah tangga atau pekerja kantoran. Nikmat dan tanggung jawabnya sudah diatur sama Tuhan, selama kita masih bersemangat menggapainya di jalan yang benar :’)

Apa-apa, kalau mau berhasil memang kudu niat. Antusiasme itu mutlak!

Coba deh, tanya Mbak Jet ada kuis apa saja. Tenang, nggak akan gigit. Pasti dijawab 😆 karena toh rejeki masing-masing tak akan tertukar :’)

Nah, coba ikut kuis lagi nggak, nih? *Eh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: